Kamis, 25 April 2013

Pengertian dan Kegunaan Domain



A. Pengertian Domain
  Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah pengguna untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.
Sebagai contoh: www.jembelisme.com dengan alamat IP Address: 66.96.145.109 www.jembelisme.com di atas merupakan nama domain. Jadi untuk mengakses website Jembelisme Media ini cukup mengetikkan www.jembelisme.com atau jembelisme.com pada address bar web browser yang Anda miliki.
Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain. Ada 2 kelompok utama dalam TLD, yakni country code top-level domains (ccTLD) dan generic top-level domains (gTLD). Country code top-level domains (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya. Sedangkan generic top-level domains (gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, .mil, .net, .gov, .edu, .asia, .info ,.org dan masih banyak lainnya. Hingga tahun 2010, terdapat lebih dari 21 gTLD dan 250 ccTLD.
Second Level Domain (SLD)
Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Agar Anda tidak menjadi bingung, saya akan memberikan contohnya, jembelisme.com . Nah, kata jembelisme ini merupakan Second Level Domain (SLD), sedangkan .com merupakan Top Level Domain (TLD).
Lower Level Domain
Lower Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD. Lower Level Domain dapat dibagi lagi menjadi Third Level Domain, Fourth Level Domain, Fifth Level Domain, dan seterusnya. Namun hal ini sangat jarang. Kebanyakan nama domain hanya sampai SLD saja.
Domain Indonesia
Indonesia memiliki nama domain tersendiri yang dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain-domain indonesia meliputi .ac.id, .web.id, .co.id, .net.id, .go.id, .sch.id, .mil.id, dan .or.id . Domain-domain tersebut mempunyai kegunaan dan karakeristik yang berbeda.
  • .AC.ID digunakan untuk website perguruan tinggi, institut dan sejenisnya
  • .WEB.ID digunakan untuk website pribadi atau komunitas
  • .CO.ID digunakan untuk website komersial, badan usaha dan sejenisnya
  • .NET.ID (website penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi)
  • .GO.ID (website institusi pemerintah dan sejenisnya)
  • .SCH.ID (website sekolah)
  • .MIL.ID (website instansi militer)
  • .OR.ID (website organisasi)
Ada 2 Macam Top Level Domain Yaitu :
 1. Generic TLD, diantaranya :
         .com = commercial web
         .net = network web
         .org = organization web
         .info = information web
         .biz = business web
         .mobi = mobile web
         .tv = television web
         .edu = education web 
2. Countries Code TLD, diantaranya :
         .id = Indonesia
         .my = Malaysia
         .sg = Singapore
         .th = Thailand
         .kr = korea
         .uk = united kingdom
         .jp = japan
         .nl = netherland 
 
B.    Sub Domain
Subdomain merupakan nama domain dibawah naungan Top Level Domain, tetapi Subdomain mampu untuk berdiri sendiri, sebagai contoh adalah ketika kita mendaftarkan blog gratis di Blogspot,WordPress,Tumblr, dll. Kita akan diberi alamat domain misalnya zabhie.blogspot.com, ketika kita memiliki domain TLD pun kita bisa menambah subdomain misalnya blog.zabhie.com, toko.zabhie.com dll. Perlu diketahui bahwa dalam Pembuatan Nama Domain tidak mempermasalahkan besar kecilnya huruf yang digunakan, jadi misalnya ALESANA.COM, alesana.com atau AleSana.Com itu sama saja, dan perlu diketahui pula nama domain hanya terdiri dari Huruf, Angka dan garis penghubung, jadi tidak di izinkan untuk memakai tanda diluar itu.
Secara sederhana domain adalah alamat website kita, jika ada pengunjung yang ingin untuk membaca artikel-artikel kita, pengunjung hanya tinggal mengingat nama domain tersebut atau mem-bookmark pada browser mereka untuk mempermudah mereka berkunjung kembali ke website kita. Untuk jangka panjang sangat penting untuk kita sebagai bloger memiliki Nama Domain Sendiri, penentuan nama domain bisa bermacam macam tergantung dari tujuan pembuatan website/blog masing-masing, ada yang memberi nama domain sesuai dengan keyword yang dikehendaki, biasanya ini dilakukan untuk membidik keyword yang dimaksud, misalnya tutorialblog.com yang berarti sang empunya blog/website tersebut menginginkan pengunjung blognya adalah orang-orang yang sedang mencari tutorial, pembuatan domain seperti ini sangat bersahabat dengan optimasi search engine.
Ada juga yang memberi nama domain dengan nama mereka misalnya "alesana.com" pembuatan domain seperti ini biasanya ditujukan untuk tujuan branding nama pemilik wesite/blog agar mereka dikenal di internet, memang butuh kerja lebih untuk mendapatkan pengunjung yang terarah, tetapi untuk mengoptimalkan pencarian, tidaklah berhenti pada keyword yang terletak pada nama domain.

Reaksi:

2 komentar:

  1. Sebagai pekerja internet, sudah seharusnya kita mengerti dan memahami "Pengertian dan Kegunaan Domain". Terima kasih sudah menjelaskan "Pengertian dan Kegunaan Domain".

    Salam kenal, Marlon Alamo

    BalasHapus
  2. informasinya ngebantu banget kak. makasih :). follow blog aku ya kaaak nainailabel.blogspot.com

    BalasHapus